AKADEMI RAMADHAN

assalamu’alaikum dear reader…

barusan saya iseng-iseng mencari artikel mengenai renungan islam di internet, dan akhirnya saya mendapatkan artikel yang bagus untuk dibaca. isinya singkat, simpel tapi lumayan mengena di hati. ini saya post kan isi artikel tersebut, semoga bermanfaat…

Tulisan ini terinspirasikan oleh tulisan suamiku yang ga sengaja ku baca di foldernya.. Aa menulis tentang beramal dan juga doan-doanya. Di suatu paragraf, Aa mengatakan tentang Ramadhan. Aa menulis dua kata yang ku garis bawahi – yakni AKADEMI RAMADHAN.

Setelah membaca tulisannya, pikiranku jadi terbuka. Sahabat, Ramadhan adalah benar sebuah akademi, sebuah tempat pembelajaran yang singkat dan padat, di mana kita diuji dengan banyak hal, bukan saja ujian bagi fisik kita tapi juga bagi ruhiyah kita.

Mungkin sahabat masih ingat, bagaimana rasanya waktu pertama kali duduk di bangku kuliah. Exicted, H2C dan segala perasaan berkecamuk. Kemudian di tengah kuliah, kita dihadapkan pada UTS dan UAS belum lagi segala quiz dadakan dan juga sidang kelulusan. Sama dengan Ramadhan.

Semua keriangan dan kecemasan itu berawal sebelum Ramadhan tiba. Kemudian berlanjut dengan tantangan yang besar di bulan Ramadhan itu sendiri. Namun, apabila Ramadhan telah usai, apakah itu berarti kita telah lulus ujian? Tidak begitu menurut ku.

Sahabat, hidup adalah proses pembelajaran. Dan kita akan selalu dituntut untuk belajar, hingga ajal menjemput. Ramadhan adalah bulan proses perbaikan diri. Ketika Ramadhan usai, kita dihadapkan pada tantangan yang lebih besar lagi, yakni menjaga konsistensi ibadah kita sama seperti kita beribadah di bulan seribu bulan itu. Kemudian jika Allah mempertemukan

kita kembali kepada bulan penuh ampunan itu, maka satu anak tangga untuk dinaiki terpampang di depan kita. Saat kita dipertemukan dengan Ramadhan berikutnya lagi, maka semakin tinggi kelas yang kita naiki, seharusnya semakin banyak ilmu yang kita miliki dan semakin rendah hati kita dalam menjalankan hidup ini.

Sahabat, marilah kita berdoa, agar Ramadhan tahun ini, dapat menjadikan hidup kita lebih baik dan ibadah kita semakin berkualitas. Semoga apa yang kita kerjakan di bulan Ramadhan ini, menjadi satu pondasi kuat bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah.

memang agak telat mungkin jika saya memposting kembali artikel ini karena Ramadhan tahun ini sudah usai, tetapi masih tetap bermanfaat kan? semoga…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s