Mencintai karena Allah itu maksudnya apa?

Dulu seorang teman pernah berkata pada saya, ”mencintai karena Allah itu maksudnya apa sih sebenarnya? Terlalu abstrak. Masak seseorang bisa mutusin orang yang disayang karena alasan dia pengen mencintai karena Allah? Bukannya malah nyakitin perasaan orang lain itu namanya? Nggak realistis sekali. Tuhan kok dijadiin alesan buat nyakitin orang.”

jujur, dulu saya sama sekali tak tahu harus merespon apa. saya cuma bisa mengangguk setuju karena berada dalam posisi yang sama. Sama2 tidak mengerti arti kalimat ”mencintai karena Allah”.

Sekarang, rasanya saya sudah menemukan jawaban yang tepat, bahwa ”mencintai/dicintai karena Allah itu adalah mencintai/dicintai karena ketaatannya”.

Jadi jangan pernah menyalahkan, mencemooh, dan memandang sebelah mata orang yang berusaha untuk memegang teguh kalimat ini sebagai prinsipnya. Mereka hanya ingin berusaha sekuat tenaga melawan nafsu dalam dirinya yang terus memaksa untuk mencintai gemerlapnya dunia, demi mendapatkan kecintaan Allah semata. Mereka bukan orang yg berusaha utk jadi sok alim atau sok suci dihadapan manusia, dan menjadikan Allah sebagai alasan untuk menyakiti orang lain. Mereka hanya manusia biasa, dengan iman yang mudah goyah dihempaskan zaman, tapi sangat ingin meraih kasih sayang dan ridho Allah. Jika tak bisa meraih tangan mereka dan berjuang di jalan yang sama, paling tidak hargai apa yang mereka percayai sebagai hal yang benar. Bukankah semua muslim itu bersaudara?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s