Benarkah Indonesia Sudah Merdeka???

dalam pembahasan mengenai perjuangan para pahlawan Indonesia guna meraih kemerdekaan yang dituliskan pada buku2 sejarah, kita pasti sering membaca kalimat-kalimat seperti ini,

“setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri, mendeklarasikan kemerdekaannya dan lepas dari penjajahan.”

namun faktanya, ternyata ‘merdeka’-nya suatu bangsa barulah merdeka secara fisik. negara-negara imperialis tidak pernah mau melepaskan negara kolonialnya. karena mereka adalah aset sumber daya yang men-support negara induknya. mereka hanya mengubah strategi penjajahannya: penjajahan langsung menjadi penjajahan tidak langsung melalui antek-anteknya. penjajahan militer menjadi penjajahan ekonomi dan politik. maka dari itu, kemerdekaan negara-negara berdasarkan sistem kebangsaan hakikatnya adalah semu, bukan kemerdekaan yang hakiki. (H. Budi Mulyana,S.IP, M.Si — LKI DPP HTI, dosen ilmu hubungan internasional UNIKOM Bandung, mahasiswa program doktor Hubungan Internasional UNPAD)

kemerdekaan semu ini justru lebih menghancurkan tatananan masyarakat dan negara. mengapa? jika penjajahan terjadi secara fisik maka rakyat tak akan tinggal diam. mereka akan mengerahkan seluruh tenaga, daya dan upaya, harta dan segala yang dimilikinya untuk mengusir para penjajah. namun penjajahan ekonomi dan politik yang dibungkus dengan sampul ‘negara merdeka’ malah membuat rakyat merasa tak ada yang perlu diperjuangkan lagi karena mereka sudah ‘merdeka’. mereka menyerahkan semua tugas pengaturan negara pada tokoh-tokoh yang mereka pilih melalui PEMILU, tokoh2 yang ternyata merupakan perpanjangan tangan dari penjajah. kekuasaan yang mereka dapatkan sebagai imbalan menjadi ‘wakil rakyat’ digunakan dengan sebaik-baiknya, bukan untuk mensejahterakan rakyat, tapi untuk mensejahterakan Sang Penguasa sesungguhnya. dan inilah yang terjadi pada negeri kaya raya bernama INDONESIA, negeri merdeka yang tak pernah sungguh-sungguh merdeka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s