Minyak Bumi Indonesia, Milik Siapa???

575701_452186194851796_424651168_n

“HAMPIR 80% DARI TOTAL PRODUKSI MINYAK INDONESIA DIKUASAI ASING, yakni; PT Chevron AS (40%), Total E&P (10%), Conoco Phillips (8%), Medco Energy (6%), China National Offshore Oil Corporation (5%), China National Petroleum Corporations (2%), British Petroleum, Vico sia, dan Kodeco Energy masing-masing satu persen. Sedangkan Pertamina, perusahaan BUMN hanya mendapatkan porsi 16%.”

IT IS JUST ONE OF THE SADDEST FACT OF THIS RICH COUNTRY (INDONESIA)

inilah hasil demokrasi, inilah hasil ketundukan pemerintah dan rakyatnya terhadap sistem yang tidak berasal dari akidah islam. inilah hasil dari sistem ekonomi kapitalisme yang diterapkan atas negeri Indonesia (sebagai pengingat, definisi sistem ekonomi kapitalisme: adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi)

padahal mayoritas rakyat negeri ini beragamakan islam, dan menurut penalaran kita (harusnya) muslim-muslim ini mau mengusahakan yang terbaik demi indonesia dengan mengusung hukum islam. Karena (harusnya) muslim-muslim ini meyakini dengan menerapkan aturan islam maka kesejahteraan akan dapat tercapai di bumi pertiwi, baik untuk muslim maupun non muslim. Karena (harusnya) mereka tahu bahwa agama mereka adalah rahmat bagi semesta alam, agama yang paling sempurna dan tanpa cela sedikitpun.

tapi sayangnya kebanyakan dari mereka seakan tak yakin akan kesempurnaan agamanya sendiri, ragu untuk memperjuangkan penerapan hukum islam karena merasa “indonesia ini negeri yang plural, jika hanya hukum islam yg diterapkan lantas bagaimana dengan non muslim?”, sebuah pertanyaan yang seharusnya tidak dilontarkan oleh seseorang yang meyakini kesempurnaan ajaran agama ini, yang karena kesempurnaanya tak mungkin Sang Pencipta mengesampingkan hak-hak non muslim dalam masalah pengaturan warga negara.

Hanya aturan islam yang memperhatikan hak-hak hidup manusia, aturan selain islam tumpul dalam masalah pemeliharaan hak hidup tersebut.

karena HANYA aturan islam yg sempurna mengatur urusan manusia, termasuk urusan perminyak-bumian, yang tergambar dalam sabda Rasulullah berikut:

“Manusia itu berserikat (bersama-sama memiliki) dalam tiga hal: air, padang rumput, dan api”. (HR Ahmad, Abu Dawud, An Nasaaiy)

artinya, dalam aturan islam, api (maksudnya di sini bisa dalam bentuk bahan bakar, seperti minyak bumi, gas bumi, dll) adalah merupakan hak milik seluruh rakyat. yang berkewajiban mengurus (dari penggalian, pengolahan, sampai pendistribusian) secara adil dan merata adalah pemerintah. pemerintah tidak diperkenankan memberi kesempatan kepada pihak swasta, baik asing maupun dalam negerti untuk memonopoli sektor tersebut.

Tapi lihat apa yang terjadi pada negeri kita? lihat apa yang terjadi pada hasil bumi indonesia? lihat apa yang terjadi pada negara yang begitu membanggakan ke-demokrastisan-nya ini? lihat apa yang terjadi pada negeri yang meletakkan ayat-ayat konstitusi di atas ayat-ayat suci ini? lihat apa yang terjadi pada negeri yang membuang hukum dan aturan Allah, dan malah menggunakan hukum dan aturan yang (katanya) universal untuk semua agama? adakah terjamin kesejahteraan di negeri tersebut????

mari kita renungkan ini bersama-sama

“Telah tampak kerusakan di darat dan lautan akibat perbuatan tangan manusia, supaya Allah swt merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (Terjemahan QS Ar Ruum(30):41)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s