Wahai laki-laki, tundukkan pandanganmu!

Ada 2 buah poin penting yang diajarkan islam dalam hal bergaul dengan lawan jenis.
Poin penting itu adalah “menutup aurat” dan “menjaga pandangan”.
Kedua poin di atas adalah satu kesatuan yang tak bisa dilepaskam satu sama lain. Namun poin kedua inilah yang sering dilupakan atau bahkan disepelekan oleh kebanyakan orang, terutama (maaf) kaum laki-laki.
Saya mau tak mau jadi harus mengambil kehidupan saya sebagai contoh untuk kasus ini.

Alhamdulillah sejak 2 tahun yang lalu saya sudah mulai mencoba mengenakan pakaian sesuai syariat islam, berkerudung hingga batas perut dan mengenakan hijab (gamis) sudah menjadi bagian dari keseharian saya. Saya sudah berusaha agar tak sedikitpun bagian tubuh saya yang bisa dijadikan santapam gratis laki-laki bukan mahrom yang sama sekali tak punya hak atas diri saya. Namun untuk mempermudah komunikasi, mengingat pekerjaan saya sebagai dokter mengharuskan saya untuk berhadapan langsung dengan pasien membuat saya tidak menutup bagian wajah. Karena mengenakan cadar hukumnya sunnah menurut apa yang saya yakini. Jadi untuk saat ini saya dahulukan yg wajib saja dulu (berkerudung hingga menutupi dada dan mengenakan gamis panjang).

Saya pun jadi tidak terbiasa untuk terlalu sering berkontak dengan lawan jenis. Kalaupun harus bicara bertatapan muka dengan pasien atau rekan paramedis lainnya saya berusaha tetap menghormati mereka dengan bicara sambil memandang wajah tapi karena merasa tidak nyaman menatap mata lawan bicara (terutama lawan jenis) maka saya memilih menatap bagian atas hidung mereka. Itu bisa jadi salah satu trik untuk kalian yg kurang nyaman menatap mata lawan jenis saat bicara sambil sesekali melempar pandangan ke arah lain dengan cara yang tak terlalu kelihatan seperti ingin menghindari wajah mereka. Tapi yang saya sayangkan adalah, tidak semua orang memahami pentingnya menjaga pandangan. Terutama laki-laki. Meski sudah berpakaian seperti ini, meski sudah berusaha tidak berkontak mata dengan mereka, masih saja kebayakan dari mereka melempar pandangan yang tidak mengenakkan. Dan saya paling tidak suka laki-laki seperti itu. Laki-laki yang pandangannya tak bisa dijaga, yang jika melihat wanita bola matanya seperti mau keluar, yang pandangannya menyaingi mesin rontgen MRI. Astaghfirullaah….rasanya pengen jitakin kepala laki-laki macam begitu. Semakin saya berusaha menghindari tatapan mereka semakin mata mereka mengejar-ngejar. Apa mereka pikir saya suka?! Apa mereka pikir saya nyaman diperlakukan begitu?! Jujur saya lebih merasa seperti dihinakan, karena saya yang sudah berusaha sedemikian rupa menjaga diri. Apa susahnya sih bagi mereka untuk ikut serta menjaga saya dari pandangan liar mereka?! Astaghfirullah….apa harus saya bercadar baru mereka malu untuk melihat dengan cara seperti itu?!

Mungkin dilema seperti ini bukan hanya saya yg merasakan, tapi juga wanita-wanita muslimah lainnya di luar sana, akhwat-akhwat lainnya di luar sana….I know exactly how you feel, dear….

Jadi, bagi laki yang membaca tulisan ini, bagi para follower laki-laki, atau yang sekedar mampir, Kami mohon dengan sangat, please lower your gaze. Tolong, tundukkan padangan kalian! Tolong hargai usaha kami untuk menajaga diri. Karena menundukkan pandanganmu juga adalah salah satu caramu untuk melindungi dirimu dari siksa Allah. Matamu kelak akan bersaksi di akhirat atas apa-apa saja yang kau lihat…ingat itu baik-baik!

And I really appreciate a man who knows how to act in front of a woman. Laki-laki yang berusaha menghindari menatap wanita yang buka mahromnya, yang berusaha menjauh dari wanita karena ingin melindungi hatinya, laki-laki yang menghormati wanita layaknya ia menghormati ibunya, sungguh saya sangat menghargai laki-laki seperti itu. Dan in syaa allah laki-laki seperti itu yang akan saya pilih sebagai imam saya kelak. Karena laki-laki seperti itu lah yang bisa membimbingmu menuju surga Allah🙂

Leave a Reply

